Berdasarkan data Most Popular Messaging Apps Worldwide 2023, WhatsApp menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi komunikasi paling populer di dunia.

Banyak pebisnis yang telah menyadari dan menjadikan saluran WhatsApp API sebagai saluran komunikasi utama bisnis mereka untuk terhubung dengan pelanggan.

Untuk tahu lebih lanjut tentang WhatsApp Business API, mari simak artikel ini sampai selesai!

Baca juga: Meta Verified: Perbedaannya Dengan Centang Hijau WA by BSP

Apa itu WhatsApp Business API (WA API Offical)?

Pengertian WhatsApp Business API atau WhatsApp Business Official Centang Hijau atau WA API Offical adalah fitur dari WhatsApp yang digunakan bisnis untuk mempermudah perusahaan dalam berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif dan efisien.

Fitur WhatsApp Business API ini dikhususkan untuk kepentingan bisnis dalam melayani pelanggan dan bukan untuk kepentingan personal atau perorangan. Fitur seperti balasan otomatis dengan pelanggan, chatbot WhatsApp, dan pesan interaktif menjadi poin yang banyak dibutuhkan pemilik bisnis.

WhatsApp API menggunakan API atau Application Programming Interface yang merupakan rangkaian kode yang dapatkan dimanfaatkan untuk dikembangkan menjadi aplikasi, sistem atau fitur lain yang terintegrasi dengan WhatsApp.

WhatsApp Business API ini bisa Anda dapatkan melalui mitra WhatsApp BSP (Business Solution Provider) seperti Barantum. BSP adalah pihak ketiga yang merupakan mitra resmi untuk membantu bisnis untuk mendapatkan WhatsApp Business API.

Melaui BSP, bisnis Anda bisa langsung menggunakan seluruh fitur dari WhatsApp API ini dibandingkan Anda harus merekrut programmer yang tentunya akan memakan waktu dan biaya lebih banyak.

Penting diingat untuk tidak menggunakan nomor pribadi karena nomor yang sudah didaftarkan menjadi nomor WhatsApp Business API, tidak dapat dikembalikan menjadi nomor personal/pribadi lagi.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa akun WhatsApp Business API atau WhatsApp Centang Hijau tidak bisa digunakan untuk WA group atau panggilan telepon/call.

Namun, jangan khawatir, Anda bisa upsell menggunakan Call Center Barantum untuk memenuhi kebutuhan panggilan telepon.

Baca juga: Mengenal WhatsApp API Official Centang Hijau Untuk Bisnis

Apa Saja Fitur dari WhatsApp Business API?

Berikut ini beberapa fitur WhatsApp API yang paling populer di kalangan pebisnis dan biasanya sudah disediakan oleh vendor BSP WhatsApp:

1. Centang Hijau (Verified Badge)

Ini merupakan fitur paling diminati dan di incar oleh para pebisnis, karena dengan mendapatkan akun WhatsApp Centang Hijau akan sangat berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan kredibilitas bisnis mereka.

2. WhatsApp Blast

WA Blast merupakan fitur di mana Anda dapat mengirimkan pesan ke ribuan pelanggan Anda secara cepat tanpa perlu khawatir atau takut terblokir dibandingkan jika Anda menggunakan aplikasi WA Blast ‘abal-abal’ (tidak resmi) yang biasanya berupa aplikasi yang di instal di komputer atau pada ekstensi di browser Anda.

3. Chatbot

Fitur balas pesan otomatis dengan alur percakapan yang dapat Anda atur sesuka hati. Anda bisa menggunakan chatbot untuk menjawab pertanyaan pelanggan, alur pembayaran dan sebagainya.

Baca juga: 7 Contoh Template WhatsApp API, Jenis dan Kategorinya

4. Quick Reply

Fitur quick reply bisa memudahkan Anda untuk membalas pesan pelanggan dengan cepat hanya dengan mengetik “ / ” dengan template kalimat yang sudah Anda buat sebelumnya.

5. Office Hours

Fitur jawab otomatis dan pemberitahuan pada pelanggan yang menghubungi bisnis di luar jam kerja. Sehingga pelanggan bisa tahu layanan bisnis tidak tersedia untuk waktu atau jam tertentu dan mereka akan menghubungi bisnis Anda besok pagi nanti.

6. Multi User

Fitur yang memungkinkan bisnis Anda memiliki beberapa admin atau staf yang mengelola akun WhatsApp bisnis Anda secara bersamaan, dilengkapi dengan fitur alokasi chat per agent secara otomatis atau biasa disebut sebagai round robin system.

7. OTP & Notifikasi

Fitur utility untuk alur bisnis Anda di mana bisnis dapat mengirimkan pesan OTP (One Time Password) saat proses masuk atau pendaftaran di sistem internal atau aplikasi perusahaan Anda dan notifikasi otomatis ke WhatsApp pengguna.

8. Terintegrasi CRM

Anda juga bisa mengintegrasikan sistem internal bisnis Anda, misal mengintegrasikannya dengan sistem CRM perusahaan sehingga pesan pelanggan akan bisa langsung tersimpan sebagai kontak pelanggan, leads, atau tiket di database. Bisa juga mengintegrasikannya untuk mengecek status pesanan, status pembayaran, status pengiriman dan banyak lagi.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Bisnis Anda Memerlukan WhatsApp (WA) Business

new cta_waba_1

Manfaat dan Keuntungan Penggunaan WhatsApp Business API

Berikut adalah beberapa alasan sekaligus manfaat dari menggunakan WhatsApp Business API untuk bisnis (WhatsApp Business: Keunggulan dan Cara Membuatnya)

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dengan menggunakan WhatsApp Business API secara otomatis meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan pelanggan dengan adanya Centang Hijau (Verified Badge) pada akun WA bisnis Anda.

Dengan adanya centang hijau menambah kemungkinan pelanggan Anda untuk membuka pesan. Secara otomatis, kepercayaan pelanggan berpengaruh pada peningkatan penjualan Anda.

2. Menyediakan Layanan 24/7 Nonstop

Manfaat selanjutnya, bisnis dapat menyediakan layanan yang siap sedia untuk menjawab pertanyaan pelanggan kapan pun, bahkan di luar jam kerja dengan dukungan fitur Chatbot.

Chatbot WA ini dapat diprogram untuk memberikan respons otomatis secara cepat dan akurat, memberikan informasi dasar, dan bahkan mengarahkan pelanggan ke halaman web atau produk yang relevan.

3. Mudah Diintegrasikan Dengan Sistem Lain

Dengan mengintegrasikan WhatsApp API ke dalam sistem seperti CRM, memungkinkan bisnis untuk mengelola komunikasi dan data pelanggan secara terpusat dan efisien.

Misalnya, informasi riwayat percakapan, kebutuhan pelanggan, dan mudah melakukan analisis data, hingga meningkatkan koordinasi antar departemen.

4. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

WhatsApp API memungkinkan bisnis untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka dengan memberikan respons yang cepat, akurat, personal, dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Sehingga bisnis dapat meningkatkan hubungan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

5. Menghemat Biaya

Manfaat terakhir, Anda dapat menghemat banyak biaya karena dengan menggunakan WhatsApp API bisnis dapat mengurangi kebutuhan agen layanan pelanggan dalam jumlah besar.

Baca juga: Perbedaan WhatsApp Biasa,WhatsApp Business & WhatsApp API

Apa Saja Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Business API?

WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Business API

Meskipun keduanya merupakan aplikasi resmi WhatsApp, ada beberapa perbedaan masing-masing jenis WhatsApp, yaitu:

1. Cara Mendapatkannya
2. Verifikasi WA Centang Hijau
3. Otomatisasi Pesan
4. Integrasi CRM

Apa WhatsApp Business API Gratis?

Layanan WhatsApp Business API adalah fitur berbayar yang ditujukan untuk perusahaan menengah hingga besar. Namun, jika bisnis Anda adalah bisnis yang baru dirintis dan ingin meningkatkan interaksi pelanggan, Anda dapat menggunakan WhatsApp Business biasa secara gratis.

Saat ini harga WhatsApp Business API terbaru  dari Barantum sebagai BSP Resmi WhatsApp API bisa didapatkan mulai dari IDR 897.000/bulan.

Walaupun WhatsApp Business Official Centang Hijau tidak gratis, namun ada vendor yang menyediakan trial gratis WhatsApp Business API selama 7 hari sebelum Anda membeli yang full paket.

Baca juga: WhatsApp API Gratis: Kelebihan dan Kekurangannya

new cta_waba_2

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business API Resmi?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa Anda bisa mendapatkan fitur WhatsApp Business API melalui mitra resmi BSP.

Cara untuk mendapatkan WhatsApp Business API melalui BSP juga cukup mudah dan cepat, yaitu:

1. Daftarkan bisnis ke BSP WhatsApp di Indonesia, Barantum
2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager
3. Pengenalan dan Pelatihan Fitur WhatsApp Business API oleh Barantum
4. WhatsApp Business API Siap Digunakan

Baca juga: Mengenal WhatsApp API Gateway & Cara Mendapatkannya

Apa Saja Syarat dan Ketentuan Dalam Mengajukan WhatsApp Business API di Indonesia?

Tidak semua bisnis dapat mengajukan WA Bisnis API, sekalipun secara dokumen dimiliki bisnis tersebut lengkap.

1.Bukan Bidang Usaha yang Dilarang

Dilasir dari (WhatsApp.com/legal/business-terms) Berikut adalah beberapa bidang usaha yang dilarang dan tidak dapat mendaftar WA Bisnis API:

  • Minuman keras, alkohol, dan rokok
  • Mata uang konvensional, digital, atau tiruan, termasuk ICO dan binary options
  • Produk obat, baik yang memerlukan resep, narkotika, atau lainnya
  • Senjata api/peluru/sejenisnya
  • Produk atau material dan zat berbahaya
  • Satwa hidup yang tidak dilindungi kecuali hewan peliharaan
  • Spesies yang terancam (satwa dan flora)
  • Produk kesehatan dan medis kedokteran

2. Lisensi Resmi dan Dokumen Legal

Ketentuan dari WhatsApp Business API bahwa bisnis atau perusahaan yang telah terdaftar dapat dibuktikan dari kepemilikan dokumen legal yang diakui negara seperti SIUP, TDP, NIB, NPW dan lain-lain.

Baca juga: Cara Membuat NIB (Nomor Induk Berusaha) dan Syaratnya

3. Akun ID Facebook Business Manager

Setiap bisnis yang mengajukan WhatsApp Business API harus memiliki akun Facebook Business Manager yang terverifikasi. Akun ini akan digunakan untuk mengelola API dan profil bisnis di platform Meta.

Baca juga: Begini Cara Mudah Verifikasi Facebook Business Manager

4. Domain WhatsApp Business API dan Profil Bisnis Harus Sama

Domain yang digunakan untuk WhatsApp Business API harus sesuai dengan profil bisnis yang didaftarkan. Ini berarti nama dan informasi bisnis di WhatsApp Business API harus konsisten dengan data yang terdaftar di platform Meta.

5. Mematuhi Ketentuan Meta

Bisnis yang mengajukan WhatsApp Business API harus mematuhi semua ketentuan dan kebijakan yang ditetapkan oleh Meta (sebelumnya dikenal sebagai Facebook), termasuk kebijakan privasi dan penggunaan data.

Baca juga: Cara Membuat Press Release untuk Layanan WhatsApp Business API dan Centang Hijau

new cta_waba_3

Bagaimana Tips Memilih Mitra Penyedia WhatsApp API Indonesia Yang Tepat?

Tentu penting untuk memilih BSP WhatsApp Business API terbaik untuk memastikan proses yang lancar saat pengajuan dan juga memiliki customer service dengan komunikasi yang baik. Berikut adalah poin yang harus dimiliki oleh mitra WhatsApp Business adalah:

1. Fitur Yang Lengkap
2. Kemampuan Integrasi yang baik
3. Support Yang Cepat dan Responsif
4. Biaya Yang Jelas dan Transparan
5. Memiliki After Sales Yang Bagus

Baca juga: Rekomendasi Penyedia Aplikasi CRM Indonesia Terbaik 

Barantum, Solusi WhatsApp Business API Terbaik di Indonesia

Mockup Sistem Barantum

Dapatkan kemudahan dan tingkatkan performa bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dengan fitur WhatsApp Business API dari Barantum sebagai Official WhatsApp Partner dan BSP Terbaik di Indonesia.

Barantum akan membantu Anda mendapatkan fitur WhatsApp Business API dengan layanan yang profesional. Hubungi tim Barantum sekarang untuk membantu kemajuan bisnis Anda!

Tertarik dengan Barantum?

all product
Barantum adalah penyedia solusi aplikasi CRM, Omnihannel Chat, Call Center Software dan WhatsApp Business API terbaik di Indonesia. Segera konsultasi kebutuhan bisnis Anda dengan tim profesional kami.
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di blog Barantum. 👋

Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".