Dalam era digital saat ini, Customer Relationship Management (CRM) menjadi pilar penting dalam strategi bisnis yang sukses. Dengan kemajuan teknologi komunikasi, fitur seperti WhatsApp API dapat membantu meningkatkan strategi CRM hubungan pelanggan.

CRM tidak hanya tentang mengelola data pelanggan, tetapi juga tentang membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan pelanggan.

Artikel ini akan membahas bagaimana peran WhatsApp API dalam meningkatkan CRM dan membawa manfaat besar bagi bisnis.

Baca juga: Apa itu WhatsApp API ? Semua yang perlu Anda ketahui tentang WhatsApp API

new cta_waba_1

Keuntungan Penggunaan WhatsApp API Bagi Bisnis

Tidak seperti WhatsApp business biasa, terdapat keunggulan yang ada di dalam WhatsApp API  untuk perusahaan Anda.

1. Brand Bisnis Lebih Profesional Dengan Centang Hijau

Centang hijau ini secara tidak langsung meningkatkan kepercayaan pada masyarakan yang menerima pesan dari perusahaan Anda.

Sudah menjadi hal umum bahwa ada oknum-oknum tertentu yang mengatasnamakan orang pribadi atau perusahaan untuk keuntungannya. Namun, dengan sistem ini, pelanggan Anda tidak perlu khawatir dan curiga terhadap pesan yang masuk ke WhatsApp mereka.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp

2. Dapat Dikelola Lebih Dari Dua Admin

Jika WhatsApp Business hanya bisa digunakan oleh dua admin, berbeda dengan WhatsApp API. Pada sistem ini bisa digunakan oleh banyak admin. Hal ini memungkinkan staf Anda untuk menawarkan produk ke lebih banyak pelanggan.

Selain itu, dalam hal pelayanan pelanggan menjadi lebih mudah. Tiap staf bisa menangani banyak pelanggan dalam satu waktu. Jadi, kenyamanan pelanggan bisa didapatkan karena tidak harus menunggu waktu lama untuk pesannya dibalas.

3. Sinkron Otomatis Kontak dan Riwayat Chat

Tiap berkomunikasi dengan pelanggan, WhatsApp API  secara otomati menyimpan data dan riwayat chat. Berbeda dengan WhatsApp biasa ataupun WhatsApp business yang harus menyingkronkannya secara manual.

Hal ini mengecilkan risiko hilangnya riwayat percakapan pelanggan. Staf Anda yang membutuhkan bukti percakapan pelanggan pun mudah mencari dan menunjukkan bukti riwayat chat.

Baca juga: 6 Alasan Integrasikan WhatsApp API Pada CRM

4. Integrasi Dengan Aplikasi Lain

WhatsApp API, seperti penggunaan Barantum Omnichannel, mampu mengintegrasikan satu aplikasi dengan aplikasi lain. Hal ini memungkinkan staf Anda melihat pesan dari satu halaman saja.

Baca juga: Omnichannel Marketing: Arti, Fungsi, Cara Kerja, dan Tips

Alasan untuk mengintegrasi WhatApp Bisnis API dengan CRM akan menjadi nilai plus dalam pekerjaan staf Anda. Kemungkinan pesan pelanggan yang terlewatkan kecil.

Staf Anda pun mudah melihat berbagai riwayat chat dari beragam aplikasi. Dengan demikian, pekerjaan mereka lebih efisien. Staf Anda pun bisa menangani lebih banyak pelanggan dan menawarkan produk.

Baca juga: Cara Mudah Mengintegrasi WhatsApp Business API

5. Dapat Mengirim Banyak Pesan Pesan Sekaligus

Keuntungan lainnya dari WhatsApp API , yaitu mampu mengirimkan banyak pesan sekaligus dengan fitur WhatsApp blast. Pesan blast ini bisa terkirim ke kontak yang telah tersimpan.

Oleh sebab itu, staf Anda tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk mengirimkan promosi, diskon, ataupun penawaran produk kepada pelanggan.

Pengiriman pesan yang tak terbatas secara bersamaan membuat waktu kerja staf perusahaan Anda lebih efisien.

Jika perusahaan Anda sedang berkembang ataupun perusahaan besar, tentu sistem ini menjadi solusi jitu untuk mengefisiensi waktu kerja staf Anda. Peningkatan penjualan pun bisa Anda dapatkan.

Baca juga: Beragam Fitur CRM yang Terintegrasi dengan WhatsApp Business API

new cta_waba_2

Peran WhatsApp API dalam CRM Modern

Anda tidak perlu susah-susah untuk mencari cara untuk menawarkan promosi secara sekaligus karena WhatsApp Business API.

Dalam penggunaannya, WhatsApp API memiliki berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan untuk penjualan bisnis Anda.

1. Meningkatkan dan Menjalin Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Dengan penggunaan WhatsApp API  memungkinkan Anda menjali hubungan baik dengan pelanggan. Anda yang menggunakan WhatsApp API secara otomatis meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan pelanggan.

Jika Anda baru pertama kali melakukan promosi pada pelanggan Anda melalui WhatsApp API, adanya centang hijau menambah kemungkinan pelanggan Anda membuka pesan.

Secara otomatis, kepercayaan pelanggan berpengaruh pada peningkatan penjualan Anda. Semakin banyak pelanggan yang percaya, semakin banyak penjualan yang dilakukan.

Baca juga: Peran Manajemen Hubungan Pelanggan Dalam Bisnis

2. Komunikasi Dua Arah Bersifat Real Time

Penggunaan WhatsApp API memungkinkan pelanggan berinteraksi dua arah. Anda bisa mengatur poin-poin yang akan ditampilkan dalam pesan kepada pelanggan. Secara otomatis, jika pelanggan mengklik poin tertentu akan muncul penjelasan atau sub poin.

Kebutuhan pelanggan Anda pun dapat direspons secara real time oleh tim support perusahaan Anda. Oleh sebab itu, pelanggan tidak perlu menunggu waktu lama. Jika pelanggan menunggu dalam waktu lama, memungkinkan mereka bertanya pada perusahaan lain yang merespons lebih cepat. Alhasil, penjualan gagal perusahaan Anda dapatkan.

3.  Aman dan Mudah Digunakan

Tidak perlu khawatir dengan keamanan dari WhatsApp API. Sistem ini dilengkapi sistem enkripsi end-to-end dan two-factor authentication (2FA) yang menjamin keamanan percakapan, baik bagi bisnis maupun pelanggan.

Dengan adanya sistem tersebut dapat mengurangi adanya kemungkinan kebocoran data pelanggan maupun penipuan.

4. Komunikasi Interaktif

Di dalam WhatsApp API terdapat berbagai fitur interaktif yang dapat digunakan. Misalnya, Anda bisa melakukan komunikasi yang interaktif dengan pelanggan melalui pesan yang berisi gambar, audio, video, dokumen, hingga share live location.

Hal ini memungkinkan staf Anda bisa lebih luas melakukan promosi ataupun penjualan terhadap pelanggan Anda dengan media yang menarik.

Baca juga: Jangkau Pelanggan Lebih Luas Dengan WhatsApp Bisnis API

5. Kemudahan Integrasi

Seperti yang sudah diketahui, WhatsApp API mudah diintegrasi dengan aplikasi lainnya. Misalnya, menggunakan Barantum CRM omnichannel, Anda bisa mengintegrasikan aplikasi media sosial lain dalam satu halaman saja.

Hal ini akan mempermudah staf Anda dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan. Mereka pun dapat maksimal melakukan penawaran.

Manfaatkan WhatsApp API untuk Meningkatkan CRM Bisnis Anda Sekarang!

Mockup Sistem Barantum

Anda dapat menjalankan strategi bisnis Anda dengan maksimal memakai  CRM. Kedekatan perusahaan dan pelanggan pun dapat terjalin dengan baik.

Anda bisa mendapatkan omnichannel CRM terbaik dari omnichannel CRM Barantum. Barantum siap membantu Anda menjalankan strategi bisnis dengan sistem CRM terbaik.

Tertarik dengan Barantum?

all product
Barantum adalah penyedia solusi aplikasi CRM, Omnihannel Chat, Call Center Software dan WhatsApp Business API terbaik di Indonesia. Segera konsultasi kebutuhan bisnis Anda dengan tim profesional kami.