Tahukah Anda bahwa WhatsApp Blast ini merupakan salah satu fitur WhatsApp yang wajib dimiliki oleh setiap bisnis? Kenapa? Karena dengan menggunakan WhatsApp Blast ini dapat membantu bisnis dalam menjangkau banyak pelanggan dalam waktu cepat.

Umumnya WhatsApp Blast digunakan untuk menyebarkan informasi acara atau kegiatan, promosi produk atau layanan baru, atau penawaran diskon khusus secara massal dengan cara mengirimkan pesan ke banyak nomor tujuan sekaligus secara bersamaan dengan tujuan untuk efisiensi waktu.

Tak heran, fitur ini menjadi incaran para pelaku bisnis sebagai sarana untuk melakukan promosi seperti mengirimkan pesan promo produk, diskon dan sebagainya.

Baca juga: Meta Verified: Perbedaannya Dengan Centang Hijau WA by BSP

Pengertian WhatsApp Blast

WhatsApp Blast atau WA Blast merupakan fitur WhatsApp Business API yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan ke banyak penerima (tak terbatas) sekaligus secara bersamaan. Sehingga dapat menjangkau banyak pelanggan secara bersamaan.

Anda dapat mengirimkan pesan blast tanpa harus menyimpan nomor tujuan terlebih dahulu, dan hanya dengan satu kali klik saja pesan yang ingin Anda kirimkan ke ribuan pengguna dapat terkirim sekaligus secara bersamaan.

Fitur WA Blast juga aman digunakan memiliki sistem enkripsi end-to-end yang menjamin kerahasiaan data Anda. Namun, pastikan juga Anda mematuhi syarat ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Rekomendasi WA Blast Online: Kelebihan & Fiturnya

new cta_waba_2

Manfaat WA Blast untuk Bisnis

WA blast akan sangat berguna dan bermanfaat untuk kegiatan bisnis, seperti:

1. Menjangkau Banyak Pelanggan

Fungsi utama dari WhatsApp Blast, yaitu dapat mengirimkan pesan kepada pengguna secara massal. Jadi, memungkinkan bisnis Anda untuk menjangkau banyak pelanggan dalam satu waktu.

Tidak hanya itu, pesan blast yang Anda kirimkan dapat dipersonalisasi sehingga menambah kesan lebih akrab dengan pelanggan.

2. Menghemat Banyak Waktu

Dengan WhatsApp Blast, Anda tidak perlu menyalin ulang tiap pesan ke masing-masing pelanggan. Cara manual tersebut akan sangat menghabiskan waktu dan tenaga. Dengan WhatsApp Blast ini, Anda dapat dengan mengirim pesan kepada ribuan pelanggan hanya dalam sekali klik saja.

3. Menghemat Biaya Promosi

Anda bisa memanfaatkan fitur WhatsApp Blast sebagai media promosi bisnis dengan pengeluaran biaya yang lebih sedikit. Biaya promosi dengan pesan blast ini lebih hemat dibandingkan Anda melakukan promosi di berbagai macam media lainnya, seperti website, iklan, brosur dan lain-lain.

4. Meningkatkan Penjualan

Banyaknya manfaat yang diperoleh dari WhatsApp Blast di atas berhubungan dengan potensi meningkatnya penjualan bisnis Anda. Bayangkan, jika Anda dapat menjangkau banyak pelanggan dalam waktu singkat tentu akan meningkatkan konversi penjualan bisnis Anda.

Baca juga: Ini 5 Cara Mudah Kirim WA Blast Tanpa Takut Terblokir

Apa Perbedaan WA Blast dan Broadcast WA?

perbedaan-wa-blast-dan-broadcast

Walau sekilas secara fungsi mirip, namun WhatsApp Blast dan Broadcast ini adalah dua fitur yang berbeda. Namun dapat diketahui bahwa WhatsApp Blast memiliki fitur yang jauh lebih unggul dibandingkan Broadcast WhatsApp.

Perbedaan yang paling mencolok adalah dari segi penerimanya. Broadcast WA memiliki batas maksimal, yaitu di 256 kontak untuk sekali broadcast secara bersamaan. Sedangkan, WhatsApp Blast tidak memiliki batasan penerima alias tak terbatas.

Selain itu, perbedaan lainnya pada Broadcast WA adalah Anda harus menyimpan nomor tujuan atau nomor penerima terlebih dahulu untuk mengirimkan pesan broadcast. Sedangkan dengan WhatsApp Blast, Anda tidak perlu menyimpan nomor tujuan atau nomor penerima

Baca juga: WA Blast Premium: Fitur & Kelebihannya Untuk Bisnis Anda

Cara Menggunakan WA Blast Biar Tidak Terblokir

Kami juga telah pernah menulis diartikel terpisah dan Anda juga bisa membaca tentang cara mengirim WA Blast yang tepat dan tips menghindari WA terblokir.

1.Gunakan WhatsApp API

Menggunakan WhatsApp API resmi untuk mengirim pesan massal adalah cara yang aman dan sesuai aturan. API ini dirancang untuk bisnis dan menyediakan alat yang diperlukan untuk mengelola komunikasi secara efektif.

Baca juga: Apa Keuntungan dan Peran WhatsApp API Dalam Strategi CRM?

2.Hindari Spam dengan Promosi Berlebihan

Pastikan pesan yang dikirim tidak berisi promosi yang berlebihan. Kirimkan pesan yang relevan dan bermanfaat bagi penerima untuk menghindari dianggap sebagai spam.

3.Patuhi Syarat dan Ketentuan Meta

Selalu kirim pesan yang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Meta. Mematuhi aturan ini membantu mencegah pemblokiran akun karena pelanggaran kebijakan.

4.Manfaatkan Fitur Blast untuk Layanan Pelanggan

Gunakan fitur blast untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Mengirim pesan terkait layanan atau dukungan pelanggan dapat meningkatkan interaksi positif dan mengurangi risiko pemblokiran.

Baca juga: 10 Fitur WhatsApp API Untuk Efektivitas Layanan Pelanggan

new cta_waba_1

Bagaimana untuk Bisa Mendapatkan Fitur WhatsApp Blast?

Berikut ini 3 langkah untuk mendapatkan fitur WhatsApp Blast untuk bisnis Anda:

1. Daftarkan Nomor Anda ke Mitra Resmi WhatsApp, Barantum

barantum tools crm
barantum tools crm

WhatsApp Blast merupakan salah satu fitur dari WhatsApp Business API. Untuk mendapatkannya, Anda perlu untuk mendaftarkan nomor bisnis Anda ke Mitra Resmi WhatsApp Barantum. Selanjutnya, tim Barantum akan menyiapkan fitur WhatsApp Blast yang Anda butuhkan.

Pastikan Anda mendaftar di Mitra Resmi WhatsApp (BSP) terpercaya seperti Barantum. Hal ini demi kenyamanan dan keamanan Anda, dan juga agar mendapatkan layanan support terbaik yang fast respons ketika mengalami kendala nantinya.

Baca juga: BSP dan WhatsApp Partner Terbaik di Indonesia

2. Lakukan Verifikasi Facebook Business Manager Anda

verified-facebook-business-manager
verifikasi skun facebook business manager

Selanjutnya, BSP Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda. Proses ini sangat penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Sementara itu, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

Baca juga: Cara Membuat NIB (Nomor Induk Berusaha) dan Syaratnya

3. Fitur WhatsApp Blast Siap Untuk Anda Digunakan

aplikasi-wa-blast-terbaik

Setelah proses verifikasi berhasil. Anda sudah bisa mulai menggunakan WhatsApp Blast dengan cara masuk ke dashboard/layanan yang telah disediakan Mitra Resmi WhatsApp yang Anda pilih, Barantum.

Selanjutnya Anda bisa menambahkan atau meng-import nomor tujuan atau list receiver dan template pesan yang akan di blast, lalu klik Send Now. Pesan blast pun berhasil terkirim!

Anda juga bisa menikmati fitur WhatsApp Business API lainnya seperti mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di nomor bisnis Anda, Chatbot, Multi User/Agent, Alokasi Chat per Agent dan masih banyak lagi.

Baca juga: 10 Aplikasi WA Blast Resmi Terbaik di Indonesia

Dapatkan Aplikasi WhatsApp Blast Terbaik Sekarang!

Jadi, tunggu apalagi, dapatkan segera manfaat WA Blast dan mulai blast ke ribuan pelangganmu hanya dengan 1 (satu) klik.

Pastikan Anda untuk mendapatkan aplikasi WA Blast ini dari penyedia resmi dan Mitra Resmi WhatsApp Indonesia seperti Barantum.

Selain aman dan terpercaya, tim kami siap membantu dan memberikan layanan support terbaik untuk Anda. Dengan mendaftar di Barantum, Anda juga bisa menggunakan fitur WhatsApp Business API lainnya seperti WA Centang Hijau (Verified Badge) Chatbot, Alokasi Chat per Agent dan masih banyak lagi.

Tertarik dengan Barantum?

all product
Barantum adalah penyedia solusi aplikasi CRM, Omnihannel Chat, Call Center Software dan WhatsApp Business API terbaik di Indonesia. Segera konsultasi kebutuhan bisnis Anda dengan tim profesional kami.