Riyan Sarana Muslim, Supervisor General Affairs di PT Nelta Multi Gracia, berbagi cerita tentang perubahan positif yang dirasakan oleh perusahaannya setelah menggunakan sistem Barantum CRM.

PT Nelta Multi Gracia adalah perusahaan nasional yang bergerak di bidang distribusi alat kesehatan, terutama produk In Vitro Diagnostics (IVD).

Sebelum beralih ke Barantum, perusahaan ini menghadapi berbagai kendala dalam mengelola laporan kunjungan tim marketing.

Tantangan Sebelum Menggunakan Barantum CRM

Riyan mengungkapkan bahwa kendala terbesar yang dihadapi perusahaan adalah keterlambatan dalam menerima laporan kunjungan marketing.

Sebelum menggunakan Barantum, proses pelaporan dilakukan secara manual, yang sering menyebabkan laporan datang terlambat hingga satu atau dua minggu.

Hal tersebut berdampak pada efisiensi tim dan keterlambatan dalam mengambil tindakan yang diperlukan.

“Kendala terbanyak yang sering kita jumpai adalah sering terlambatnya laporan-laporan untuk kunjungan marketing dikarenakan sebelumnya sistem kita adalah sistem manual sehingga kita harus menunggu marketing mengirimkan data-datanya kepada kami.”

“Jadinya kadang untuk beberapa laporan itu kita harus nunggu selama satu minggu atau mungkin sampai dua minggu karena mereka terlambat mengirim laporannya,” tambah Riyan.

new cta_crm_44

Menyadari pentingnya mempercepat proses pelaporan dan memastikan validitas data kunjungan, PT Nelta Multi Gracia memutuskan untuk mencari sistem yang dapat mengotomatisasi laporan dan sekaligus memverifikasi hasil kunjungan secara real-time.

Saat mencari solusi CRM lokal yang sesuai dengan kebutuhan mereka, di situlah mereka menemukan Barantum.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang CRM (Customer Relationship Management)

Mengapa Memilih Barantum CRM?

Pilihan jatuh pada Barantum karena fleksibilitasnya dalam menyesuaikan dengan kebutuhan PT Nelta Multi Gracia.

“Kebetulan kita nemunya itu ketika lagi browsing-browsing sistem CRM yang bisa dibilang lokal karena kalau kita pakai sistem luar itu kan kita harus menyesuaikan dulu. Baik dari segi bahasa, alurnya. Nah, kebetulan Barantum ini kan memang (buatan) lokal dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita,” jelas Riyan.

Saat ini, PT Nelta Multi Gracia telah menggunakan Barantum CRM selama hampir satu tahun, dengan total 21 pengguna aktif.

Hasilnya, perusahaan melihat perubahan signifikan dalam cara tim bekerja dan menyelesaikan tugas sehari-hari.

Manfaat Barantum CRM Dalam Meningkatkan Kinerja Tim

Riyan menyatakan bahwa penggunaan Barantum CRM sangat membantu dalam mempercepat proses administrasi dan manajemen kunjungan.

Dengan adanya sistem digital, data kunjungan dapat diakses secara real-time tanpa perlu menunggu satu atau dua minggu. Tim dapat langsung menanggapi kendala yang muncul pada hari yang sama, sehingga permasalahan dapat terselesaikan lebih cepat.

“Kalau dulu kita harus menunggu kartu kunjungan, sekarang kunjungan hari ini bisa langsung dicek di hari yang sama. Kami bisa menanggapi secara real-time jika ada yang tidak sesuai,” kata Riyan.

Kemampuan Barantum CRM untuk memproses data kunjungan secara otomatis juga membantu tim dalam menghitung absensi dan mengevaluasi kinerja masing-masing marketing.

Hal itu memudahkan manajemen dalam menentukan strategi lebih lanjut, seperti menambah jumlah kunjungan atau mempromosikan produk lain kepada pelanggan.

Pengaruh Barantum CRM Terhadap Kualitas Kerja

Riyan memberikan penilaian sekitar 85% atas kemampuan Barantum dalam mempercepat proses pelaporan absensi dan memantau pencapaian individu dalam tim marketing.

Dengan Barantum, manajemen dapat lebih mudah menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja setiap anggota tim.

Misalnya, menambah jumlah kunjungan bagi yang belum mencapai target atau menawarkan promosi produk baru kepada mereka yang sudah menunjukkan hasil baik.

“Jadi, ibarat katanya kita bisa langsung menentukan orang ini kita mau di-treatment seperti apa. ”

“Misalnya, kita tambahlah kunjungannya atau mungkin oh ini pencapaiannya sudah baik kita coba dia untuk mempromosikan produk-produk yang lain. Jadi, customer-customer baru karena memang targetnya sudah tercapai,” jelas Riyan.

Menurut Riyan, penerapan Barantum CRM telah meningkatkan kualitas kerja tim PT Nelta Multi Gracia hingga 90%.

Selain mendukung transisi perusahaan dari sistem manual ke digital, Barantum turut berkontribusi dalam membangun brand image yang lebih modern dan ramah lingkungan.

“Ketika kami beralih dari sistem manual ke digital, brand image perusahaan juga ikut terangkat. Selain itu, sekarang kami tidak perlu lagi menggunakan kertas untuk laporan kunjungan, yang sejalan dengan upaya go green,” ujar Riyan.

Selain mempermudah tim dalam melakukan kunjungan, penggunaan Barantum CRM juga mengurangi risiko kehilangan data akibat kerusakan kertas, misalnya terkena hujan.

Semua data kini tersimpan dengan aman di dalam database, dan validitas kunjungan dapat diverifikasi melalui bukti foto yang diunggah ke sistem.

new cta_crm_43

Layanan Pelanggan Barantum yang Mengutamakan Kepuasan Klien

Riyan juga menekankan pentingnya peran customer service dalam penggunaan Barantum CRM.

Menurutnya, Barantum tidak hanya menawarkan perangkat lunak, tetapi juga memberikan layanan pelanggan yang sangat membantu dalam menyelesaikan masalah secara cepat dan efektif.

Baca juga: Layanan Pelanggan: Pengertian & Jenisnya

“Bukan hanya sekadar menjual software saja, tetapi Barantum juga menjual customer service yang sangat krusial,” ujar Riyan.

Pengalaman PT Nelta Multi Gracia menggunakan Barantum CRM menunjukkan bahwa transformasi digital dapat memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan efisiensi dan kualitas kerja.

Barantum tidak hanya menawarkan solusi CRM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, tetapi juga dukungan layanan pelanggan yang andal.

Dengan sistem yang lebih modern dan ramah lingkungan, PT Nelta Multi Gracia berhasil meningkatkan citra perusahaan dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Jika perusahaan Anda membutuhkan solusi CRM yang mampu mendukung operasional bisnis secara lebih efektif, Barantum adalah pilihan yang tepat.

Tertarik dengan Barantum?

all product
Barantum adalah penyedia solusi aplikasi CRM, Omnihannel Chat, Call Center Software dan WhatsApp Business API terbaik di Indonesia. Segera konsultasi kebutuhan bisnis Anda dengan tim profesional kami.
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di blog Barantum. 👋

Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".