PT Intan Safety Glass, perusahaan manufaktur terkemuka di bidang kaca arsitektur, berhasil meningkatkan produktivitas dan kualitas layanan mereka setelah mengimplementasikan sistem CRM (Customer Relationship Management) dari Barantum.

Beroperasi di seluruh Indonesia dengan lebih dari 6.000 pelanggan dan 15.000 proyek besar, PT Intan Safety Glass telah mengambil langkah strategis dalam menghadapi persaingan ketat di industri pembangunan yang sedang berkembang pesat di Indonesia.

PT Intan Safety Glass melayani berbagai sektor, mulai dari perkantoran, residensial, rumah sakit, dan universitas.

new cta_omni_2

Tantangan Sebelum Menggunakan Barantum

Yahya Uswaturrasul, Sales & Marketing Manager PT Intan Safety Glass, mengungkapkan bahwa industri konstruksi di Indonesia yang berkembang pesat memunculkan kebutuhan akan sistem yang mampu mengelola data secara efektif.

Yahya menjelaskan bahwa proses manual menggunakan Microsoft Office dan Google memiliki keterbatasan, seperti ketidakfleksibelan dalam input data, tampilan yang kurang user-friendly, dan masalah kapasitas memori.

“Dengan volume transaksi harian yang tinggi dan beragamnya profil pelanggan, tim Sales & Marketing menghadapi kesulitan dalam memonitor metrik bisnis dan mengambil keputusan yang cepat,” ungkap Yahya.

Sebagai negara berkembang, kondisi industri bangunan di Indonesia bergerak cukup cepat, mengingat banyaknya pembangunan gedung-gedung di berbagai daerah, baik di kota besar maupun di daerah-daerah lain.

Industri ini terus berkembang, memunculkan kompetitor dan persaingan yang semakin ketat. Untuk menghadapi tantangan ini, PT Intan Safety Glass merasa perlu untuk lebih dekat memantau kegiatan sales setiap saat.

Hal tersebut agar dapat mengambil tindakan cepat ketika dibutuhkan dan dapat menjadi leading di market.

“Industri ini berkembang sangat cepat, dan kompetisi semakin ketat. Dengan banyaknya transaksi jual beli bahan bangunan, termasuk kaca, kami merasa perlu ada fitur yang dapat mengumpulkan dan mengelola data secara terpusat,” ujar Yahya.

Sebelum menggunakan Barantum, tim PT Intan Safety Glass mencoba membangun sistem sendiri menggunakan platform seperti Microsoft dan Google. Namun, solusi tersebut memiliki keterbatasan dalam hal fleksibilitas input dan kapasitas memori.

“End-to-end sales process kami yang cukup panjang di bagian administratif, sekaligus product range yang cukup luas. Selain itu, kurang fleksibel dalam melakukan input data. Karena harus menggunakan PC/Laptop. Sedangkan at some point, tim harus ke lapangan untuk cek project secara langsung,” ujarnya.

Menurutnya, secara visual tampilan pun Microsoft/Google kurang user-friendly. “Dengan alasan tersebut lah kami memilih untuk mulai menggunakan CRM dan kebetulan hingga saat ini Barantum bisa meng-cover kebutuhan kami sebagai tim, maupun saya pribadi sebagai manajer,” tambahnya.

Barantum CRM, Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Layanan Hingga 15%

Dalam upaya untuk beradaptasi dengan pertumbuhan industri dan kompetisi yang ketat, PT Intan Safety Glass memutuskan untuk menggunakan sistem CRM untuk meningkatkan efisiensi proses penjualan.

Salah satu fokus mereka adalah digitizing process. Adanya Barantum menjadi jawaban atas kebutuhan tersebut.

“Sebelumnya, beberapa aktivitas dilakukan secara manual dan terpisah pada beberapa media/platform. Dengan adanya Barantum, semua aktivitas kini bisa terpusat pada satu platform, yang jelas mempermudah proses karena tidak perlu back and forth lagi,” ujar Yahya.

“Selain itu, banyaknya proses juga memunculkan peluang terjadinya human error. Dengan sistem yang didesain Barantum, potensi human error ini dapat dikurangi,” tambahnya.

Sejak mengadopsi Barantum CRM, PT Intan Safety Glass mencatat peningkatan signifikan dalam produktivitas dan kualitas pelayanan pelanggan.

new cta_omni_3

“Kami melihat peningkatan produktivitas sekitar 15% setelah menggunakan Barantum, terutama dalam hal kecepatan memberikan penawaran. Hal ini berdampak langsung pada peningkatan penjualan,” jelas Yahya.

Selain itu, Barantum CRM juga membantu PT Intan Safety Glass mengaktifkan kembali sekitar 5% dari pelanggan yang sebelumnya tidak beraktivitas lagi.

“Dengan sistem yang lebih terpusat, kami dapat memproses data lebih cepat, sehingga mempercepat proses administratif dan meningkatkan efisiensi,” tambahnya.

Dashboard dan Reporting: Melebihi Ekspektasi

Yahya juga menyoroti fitur-fitur khusus Barantum yang sangat membantu timnya, terutama dalam hal monitoring dan reporting.

Dengan dashboard ini, PT Intan Safety Glass dapat secara efektif melacak kinerja individu maupun tim, sehingga membantu mereka mencapai target penjualan dengan lebih efisien.

“Fitur dashboard dan reporting di Barantum membantu kami untuk memantau kinerja secara real-time dan mengambil tindakan cepat jika ada masalah. Ini sangat bermanfaat bagi tim kami, baik secara individu maupun sebagai tim,” katanya.

Yahya memberikan penilaian positif terhadap kualitas tim layanan pelanggan Barantum, dengan skor 8 dari 10, dan memberikan rekomendasi untuk pengguna lain agar memahami bisnis dan industri mereka secara mendalam untuk memaksimalkan manfaat sistem.

Untuk memaksimalkan manfaat dari sistem Barantum, Yahya merekomendasikan agar pengguna lain untuk mengenali bisnis dan landscape industri secara detail. Hal itu termasuk pelajari supply chain, stakeholder yang terlibat, serta proses dan risiko yang ada.

“Dengan memahami aspek-aspek ini, pengguna dapat menyesuaikan dan memaksimalkan penggunaan Barantum sesuai dengan kebutuhan bisnis dan industri mereka,” jelasnya.

“Kami merasa sangat puas karena teman-teman dari Barantum, baik tim sales maupun support, selalu siap sedia membantu kami. Mereka selalu memberikan solusi alternatif untuk setiap masalah yang kami hadapi,” tambah Yahya menjelaskan.

Dengan implementasi Barantum CRM, PT Intan Safety Glass berhasil meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan secara keseluruhan.

Langkah ini menunjukkan komitmen PT Intan Safety Glass untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi pelanggan mereka, sekaligus menghadapi tantangan kompetitif di industri konstruksi Indonesia.

Tertarik dengan Barantum?

all product
Barantum adalah penyedia solusi aplikasi CRM, Omnihannel Chat, Call Center Software dan WhatsApp Business API terbaik di Indonesia. Segera konsultasi kebutuhan bisnis Anda dengan tim profesional kami.
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di blog Barantum. 👋

Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".