Saat ini sepertinya setiap bisnis pasti memiliki fitur chat satu ini, yaitu WhatsApp Business. Alasan platform ini banyak digunakan adalah mudah didapatkan dan digunakan.Namun, setiap fitur pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari WhatsApp Business.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Bisnis Anda Memerlukan WhatsApp (WA) Business

Siapa Yang Cocok Menggunakan WhatsApp Business?

WhatsApp Business cocok digunakan untuk semua jenis dan tingkatan bisnis, mulai dari UKM hingga industri besar.

Dengan fitur seperti profil bisnis, balasan otomatis, dan statistik pesan, WhatsApp Business membantu bisnis baru terlihat lebih profesional dalam menangani komunikasi pelanggan mereka.

WhatsApp Business dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis bisnis, terutama UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang membutuhkan komunikasi cepat dan efisien tanpa biaya tambahan dengan pelanggan.

Selain itu, platform ini sangat berguna bagi bisnis online yang memanfaatkan e-commerce atau media sosial, karena memungkinkan mereka memberikan layanan pelanggan dengan lebih mudah.

Penyedia jasa juga dapat menggunakan WhatsApp Business untuk membangun hubungan yang lebih personal dan langsung dengan klien, sementara toko retail dapat mengelola pesanan dan menjawab pertanyaan produk dari pelanggan dengan cepat dan responsif.

Baca juga: 10 Fitur WhatsApp API Untuk Efektivitas Layanan Pelanggan

Apa Kelebihan dari WhatsApp Business?

Beberapa kelebihan WhatsApp Business yang bisa sangat membantu bisnis Anda adalah:

1. Gratis dan Mudah Digunakan

Aplikasi ini gratis dan mudah diunduh dari Play Store atau App Store. Dengan antarmuka yang mirip dengan WhatsApp Messenger, pengguna dapat dengan cepat memahami cara kerjanya.

2. Profil Bisnis Terstruktur

Bisnis dapat membuat profil yang berisi informasi penting seperti alamat, jam operasional, deskripsi bisnis, dan website. Hal ini memudahkan pelanggan untuk mengetahui lebih banyak tentang bisnis Anda hanya dengan melihat profil WhatsApp Anda.

3. Balasan Otomatis

Fitur balasan otomatis memungkinkan bisnis merespons pesan di luar jam kerja, memberikan informasi seperti waktu respon atau panduan umum.

4. Label Pesan untuk Manajemen yang Lebih Baik

Dengan fitur label, Anda bisa mengelompokkan pesan pelanggan berdasarkan status seperti “pesanan baru,” “menunggu pembayaran,” atau “sudah terkirim.”

5. Integrasi dengan WhatsApp Web

WhatsApp Business juga bisa diakses melalui desktop, memudahkan pengelolaan pesan saat Anda bekerja di komputer.

6. Peningkatan Kepercayaan Pelanggan

Dengan adanya profil bisnis resmi, pelanggan akan merasa lebih yakin bahwa mereka berurusan dengan bisnis yang sah.

Baca juga: Cara Mendapatkan Centang Biru (Verified) di WhatsApp

new cta_waba_1

Apa Kekurangan dari WhatsApp Business?

Namun, WhatsApp Business juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan:

1. Terbatas pada Satu Nomor dan Perangkat

WhatsApp Business hanya bisa digunakan pada satu nomor telepon dan satu perangkat utama (smartphone). Ini bisa menjadi kendala bagi bisnis yang membutuhkan akses multi-pengguna atau tim yang besar.

2. Fitur Terbatas Dibanding WhatsApp Business API

Jika bisnis Anda berkembang, fitur-fitur WhatsApp Business mungkin tidak cukup. Misalnya, WhatsApp Business API menawarkan integrasi yang lebih luas dan kemampuan otomatisasi yang lebih baik, namun memerlukan investasi lebih besar.

3. Tidak Ada Manajemen Tim

WhatsApp Business tidak mendukung kolaborasi tim di satu akun, sehingga jika Anda memiliki beberapa admin, Anda harus mencari solusi lain atau menggunakan API.

4. Keterbatasan dalam Analisis Data

Statistik pesan yang tersedia di WhatsApp Business sangat dasar, tidak memungkinkan Anda untuk menganalisis perilaku pelanggan secara mendalam.

Baca juga: Detail Lengkap Harga WhatsApp Business API

Upgrade Bisnis dengan WhatsApp Business API Barantum

Mockup Sistem Barantum

Bagi bisnis yang memerlukan solusi lebih advanced/kompleks, Anda dapat menggunakan WhatsApp Business API. Namun, untuk bisa mendapatkan fitur ini harus melalui mitra resmi WhatsApp Centang Hijau seperti Barantum.

Dengan solusi WhatsApp Business API dari Barantum, Anda dapat memperluas skala bisnis tanpa dibatasi oleh keterbatasan teknis WhatsApp Business standar. Dapatkan dukungan penuh dari tim Barantum untuk pengaturan dan optimasi bisnis Anda, serta rasakan kemudahan dalam menghadirkan layanan pelanggan yang lebih profesional dan efisien.

Tertarik dengan Barantum?

all product
Barantum adalah penyedia solusi aplikasi CRM, Omnihannel Chat, Call Center Software dan WhatsApp Business API terbaik di Indonesia. Segera konsultasi kebutuhan bisnis Anda dengan tim profesional kami.