Sebagai pebisnis, Anda pasti pernah menghadapi situasi di mana keluhan pelanggan menumpuk, tiket bantuan tidak terjawab, atau tim layanan pelanggan Anda kewalahan menangani berbagai permintaan. Sehingga situasi seperti ini bisa sangat melelahkan dan menurunkan efisiensi operasional. Ketika layanan pelanggan tidak terkelola dengan baik, tidak hanya reputasi bisnis yang terancam. Namun, juga bisa menyebabkan pelanggan loyalitas Anda beralih ke kompetitor.

Menangani semua masalah pelanggan secara manual tentu bukan solusi jangka panjang yang efektif. Sehingga Anda memerlukan sistem yang mampu membantu tim Anda mengelola dan merespons setiap permintaan dengan cepat dan efisien. Oleh sebab itu, software helpdesk menjadi sangat penting. Namun, memilih software yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri dengan banyaknya pilihan di pasaran.

Artikel ini akan membantu Anda memahami apa itu helpdesk software dan merekomendasikan beberapa software terbaik yang dapat meningkatkan efisiensi layanan pelanggan Anda. Selain itu, dilengkapi dengan tips untuk memilih software yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Jadi, baca artikelnya sampai selesai ya!

CRM Barantum - Helpdesk System Terbaik

Pengertian Helpdesk Software

Helpdesk software adalah alat yang dirancang untuk membantu perusahaan mengelola, melacak, dan merespons berbagai permintaan dukungan pelanggan secara efisien. Sehingga software ini membantu tim layanan pelanggan Anda untuk membuat, mengatur, dan menyelesaikan tiket bantuan dengan lebih terstruktur dan sistematis. Fitur umum dari helpdesk software meliputi manajemen tiket, basis pengetahuan, integrasi dengan berbagai saluran komunikasi, laporan dan analitik, serta otomatisasi tugas.

Tips Memilih Helpdesk Software

Berikut beberapa tips untuk membantu Anda memilih helpdesk software yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda:

  1. Identifikasi Kebutuhan Bisnis Anda: Pertama, tentukan fitur-fitur yang paling penting bagi bisnis Anda, seperti manajemen tiket, otomatisasi, laporan, dan integrasi.
  2. Perhatikan Skalabilitas: Selanjutnya, pilih software yang dapat berkembang bersama bisnis Anda dan menangani peningkatan volume permintaan.
  3. Cek Integrasi: Berikutnya, pastikan software yang Anda pilih dapat diintegrasikan dengan alat dan platform lain yang sudah Anda gunakan, seperti CRM, email, dan sistem chat.
  4. Evaluasi Kemudahan Penggunaan: Software yang mudah digunakan akan memudahkan tim Anda untuk beradaptasi dan bekerja lebih efisien.
  5. Pertimbangkan Biaya: Terakhir, bandingkan harga dan fitur yang ditawarkan untuk memastikan Anda mendapatkan nilai terbaik sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.

Dapatkan Helpdesk Software Terbaik Untuk Bisnis Anda

Beberapa aplikasi helpdesk terbaik, yaitu:

1. Barantum

kepuasan pelanggan - Barantum CRM

Pertama, yaitu Barantum. Helpdesk software berbasis cloud dari Barantum memiliki semua fitur untuk mengelola pusat panggilan pelanggan masuk, keluar, atau kombinasi anda secara efisien. Sehingga dengan sistem ini, Anda bisa mendapatkan berbagai kemudahan fiturnya, seperti:

  • IVR multilevel: Pertama, berikan pelanggan Anda pengalaman Anda yang terpersonalisasi dan terdengar profesional dengan solusi IVR.
  • Notifikasi realtime: Selanjutnya, terdapat notifikasi secara real time untuk meminimalisasi kehilangan pelanggan potensial.
  • Integrasi banyak saluran: Berikutnya, lakukan panggilan serentak tanpa batas pada nomor yang sama.
  • Rekaman panggilan: Selain itu, pantau panggilan tiap agen dengan pelanggan dan buat keputusan bisnis yang lebih baik.
  • Analisis panggilan: Berikutnya, dapatkan analisa terperinci tentang semua kampanye yang Anda jalankan dengan informasi tentang status tiap panggilan.
  • Round robin: Membagi pesan secara merata ke seluruh agen yang aktif.
  • Laporan email harian: Ketahui bagaimana kinerja tim Anda pada panggilan. Dapatkan laporan harian terperinci dengan statistik panggilan.
  • Mudah mengukur key performance indicator (KPI): Tiap aktivitas dan riwayat panggilan terdata dengan rapi dan valid sehingga memudahkan penilaian KPI dengan adil.

Barantum CRM - Helpdesk Software Terbaik

2. Freshsales

aplikasi CRM sales freshsales

Rekomendasi lainnya, yaitu Freshsales. Freshsales menawarkan hal yang dibutuhkan oleh perusahaan, seperti telepon, email, penilaian dari calon pelanggan, laporan yang dapat dikostumisasi, pelacakan berbagai interaksi, serta laporan penjualan visual yang disajikan dalam satu platform.

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Ticketing
  • Collaboration
  • Automations
  • Reporting & Analytics
  • Email tracking
  • Event tracking
  • Manajemen sales

3. Freshwork

freshwork

Freshworks dirancang untuk meningkatkan keterlibatan yang dipersonalisasi dengan pelanggan melalui percakapan kontekstual di setiap langkah perjalanan mereka. Alat ini membantu Anda berkomunikasi dengan pelanggan di platform favorit mereka dan mengirim pesan yang sangat bertarget berdasarkan perilaku mereka.

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Freshchat
  • Support Desk
  • Contact Center
  • Service Management

4. Zoho

CRM zoho

Rekomendasi aplikasi helpdesk selanjutnya adalah Zoho. Platform ini mendorong pertumbuhan bisnis dengan cara membangun hubungan pelanggan dengan baik. Zoho CRM menawarkan sejumlah efisiensi dalam kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan CRM tools, seperti membuat otomatisasi pekerjaan harian.

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Omnichannel
  • Workflow Automation
  • Integrasi
  • Self-Service Database

5. SalesForce

Aplikasi CRM Sales - Salesforce

Rekomendasi terakhir ialah SalesForce yang merupakan penyedia sistem berbasis cloud yang berkantor pusat di San Fransisco, California. SalesForce juga menjual rangkaian CRM tools pada perusahaan pelengkap yang berkaitan dengan layanan pelanggan, otomatisasi pemasaran, analitik, serta pengembangan aplikasi.

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Sales Cloud
  • Marketing Cloud
  • Services Cloud
  • Sales Platform
  • Commerce Cloud

Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang harus dipertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Namun, jika Anda mencari aplikasi helpdesk yang memiliki fitur lengkap dan mudah digunakan, maka CRM dari Barantum bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Dapatkan Helpdesk Software Terbaik Untuk Bisnis Anda

Untuk memaksimalkan layanan pelanggan, memilih helpdesk software yang tepat adalah langkah penting. Oleh karena itu, Barantum menawarkan solusi helpdesk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Sehingga dengan fitur manajemen tiket yang canggih, otomatisasi tugas, dan integrasi dengan berbagai platform, Barantum membantu Anda meningkatkan efisiensi layanan pelanggan dan menjaga kepuasan pelanggan tetap tinggi.

Dapatkan sistem helpdesk terbaik untuk bisnis Anda dengan Barantum dan lihat bagaimana layanan pelanggan Anda menjadi lebih responsif dan terorganisasi.

Tertarik dengan Barantum?

all product
Barantum adalah penyedia solusi aplikasi CRM, Omnihannel Chat, Call Center Software dan WhatsApp Business API terbaik di Indonesia. Segera konsultasi kebutuhan bisnis Anda dengan tim profesional kami.

CRM Barantum - Helpdesk System Terbaik

Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di blog Barantum. 👋

Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".