Jika Anda menyadari, saat ini ada tampilan yang berubah dari WhatsApp official. Centang official yang dulunya berwarna hijau kini berubah menjadi centang biru WhatsApp.

Perubahan warna ini tetap menunjukkan status ‘verified’ atau official akun dari pemilik akun WhatsApp tersebut. Dengan centang biru WhatsApp dapat memberikan keuntungan bagi bisnis untuk tampil lebih profesional terhadap pelanggan.

Jika Anda ingin mendapatkan centang biru WA, simak artikel dibawah ini!

Baca juga: Meta Verified: Perbedaannya Dengan Centang Hijau WA by BSP

Apa Itu Centang Biru WhatsApp?

Centang biru WhatsApp atau verified badge merupakan lencana yang diberikan oleh WhatsApp yang menunjukan bahwa akun WA bisnis tersebut telah terverifikasi dan terbukti sebagai bisnis yang resmi dan sebagai akun asli dan sah.

Verifikasi ini juga berarti bahwa bisnis tersebut telah memenuhi syarat dan ketentuan WhatsApp baik dari dokumen maupun hal lainnya.

 

new cta_waba_1

Kenapa Bisnis Harus Memiliki WhatsApp Centang Biru?

Ada beberapa alasan penting mengapa bisnis Anda harus memilikinya:

  • Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan: Centang biru menunjukkan bahwa akun bisnis Anda tepercaya dan diautentikasi oleh WhatsApp, membuat pelanggan lebih yakin untuk berkomunikasi dengan Anda.
  • Mengurangi Risiko Penipuan: Dengan tanda verifikasi, pelanggan dapat memastikan bahwa mereka berinteraksi dengan akun bisnis yang sah, mengurangi kemungkinan penipuan atau penggunaan identitas palsu.
  • Meningkatkan Reputasi Brand: Memiliki tanda verifikasi meningkatkan citra profesional atau branding dan kredibilitas brand Anda di mata publik.
  • Lebih Mudah Berkomunikasi: Pelanggan lebih cenderung membuka dan merespons pesan dari akun yang telah diverifikasi, sehingga memperbaiki engagement bisnis Anda.

Baca juga: Panduan Cara Mendapatkan WhatsApp Business API Resmi

Cara Mendapatkan Centang Biru Verified WhatsApp

Berikut adalah tutorial langkah yang perlu dilakukan untuk membuat WhatsApp API:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

Mockup Sistem Barantum

Langkah pertama untuk mendapatkan dan menggunakan aplikasi resmi adalah mendaftarkan bisnis Anda pada BSP WhatsApp Resmi, Barantum.

Namun, pastikan bahwa bisnis Anda bukan merupakan bisnis yang dilarang oleh Meta. Sekalipun bisnis Anda memiliki dokumen legal, namun apabila merupakan salah satu dari list berikut, Anda tidak bisa mendapatkan WhatsApp API.

List yang dilarang Meta:

  • Senjata api
  • Minuman beralkohol dan produk tembakau
  • Obat-obatan, termasuk yang memerlukan resep, narkotika, dan sejenisnya
  • Produk kesehatan dan perawatan medis
  • Spesies yang terancam punah (hewan dan tumbuhan)
  • Hewan hidup yang tidak terancam punah, kecuali hewan ternak
  • Barang dan bahan berbahaya
  • Mata uang nyata, virtual, atau palsu, termasuk ICO dan opsi biner
  • Dan lainnya

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

verified-facebook-business-manager

Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan tepercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda.

Proses ini penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

Baca juga: Cara Membuat NIB (Nomor Induk Berusaha) dan Syaratnya

3. Daftarkan Nomor dan Display Name Yang Ingin Digunakan

Langkah ketiga untuk cara mendapatkan centang biru WA adalah menentukan nomor yang akan digunakan, dan nama bisnis yang akan ditampilkan pada akun WhatsApp centang biru.

Nomor dan display name yang didaftarkan, apabila sudah disetujui dan mendapatkan centang biru dari WhatsApp tidak bisa diubah. Sehingga pastikan nomor dan display name yang digunakan sudah sesuai.

4. Barantum Akan Mendaftarkan Akun Anda Menjadi Official WhatsApp Business Verified

Setelah Anda menentukan nomor dan display name yang akan digunakan, Barantum akan membantu Anda untuk mendaftarkan nomor dan nama bisnis Anda tersebut pada pihak WhatsApp.

Selain itu, Barantum juga akan menyiapkan sistem dan fitur WhatsApp Business API lainnya seperti Chatbot, WA Blast, Alokasi Chat per Agent dan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan layanan pelanggan bisnis Anda.

5. Tunggu Hingga Tanda Centang Biru (Verified Badge) Muncul di Akun WhatsApp Business Anda

Terakhir, setelah semua langkah cara mendapatkan centang biru WhatsApp dilakukan dan berjalan dengan lancar. Selanjutnya pihak WhatsApp akan melakukan proses verifikasi dan Anda harus menunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh WhatsApp.

Jika pendaftaran Anda memenuhi semua syarat dan ketentuan WhatsApp, selanjutnya pihak WhatsApp akan memberikan centang biru atau verified badge di akun WhatsApp Business Anda.

Baca juga: Barantum, Jasa & Penyedia WhatsApp API Terbaik di Indonesia

new cta_waba_3

Tampil Profesional dengan Centang Biru WhatApp dari Barantum

Mockup Sistem Barantum

Barantum, sebagai mitra resmi WhatsApp Business API, membantu bisnis Anda mendapatkan centang biru dengan mudah.

Kami tidak hanya menyediakan akses ke WhatsApp API, tetapi juga mendukung proses verifikasi untuk memastikan bahwa akun bisnis Anda mendapatkan status resmi yang diakui.

Dengan menggunakan layanan WhatsApp Business API dari Barantum, Anda dapat menikmati fitur-fitur premium seperti pesan otomatis, multi-user, dan integrasi CRM yang kuat.

Dapatkan centang biru dan buat bisnis Anda lebih terpercaya serta profesional. 5000+ pelanggan telah mengatakan bahwa operasional mereka meningkat hingga 85% setelah menggunakan Barantum. Hubungi Barantum sekarang dan tingkatkan komunikasi bisnis Anda ke tingkat berikutnya dengan layanan terpercaya kami.

Tertarik dengan Barantum?

all product
Barantum adalah penyedia solusi aplikasi CRM, Omnihannel Chat, Call Center Software dan WhatsApp Business API terbaik di Indonesia. Segera konsultasi kebutuhan bisnis Anda dengan tim profesional kami.
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di blog Barantum. 👋

Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".