WhatsApp mengeluarkan fitur layanan WhatsApp yang ditujukan khusus untuk pemilik bisnis. WhatsApp API adalah fitur yang sangat efektif bagi bisnis dalam menghubungi pelanggan dan meningkatkan hubungan pelanggan.

Apabila Anda tertarik dan sedang mempertimbangkan untuk menggunakan WhatsApp API, silakan simak artikel berikut ini.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp

Apa itu WhatsApp Business API?

WhatsApp API atau WhatsApp Business API (atau disingkat menjadi WABA) adalah aplikasi resmi dari WhatsApp yang ditujukan untuk akun bisnis.

Pada dasarnya, sistem API (application programming interface) ini , memungkinkan developer mengintegrasikan aplikasi lain sekaligus, contohnya sistem CRM.

Hal ini bertujuan untuk membantu dan mempermudah bisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

Misalnya, mengirim pesan otomatis, menjawab pertanyaan pelanggan secara otomatis, dan mengirim pesan secara massal sekaligus.

Baca juga: 25 Fitur CRM Yang Akan Membantu Pertumbuhan Bisnis Anda

Fitur Dalam WhatsApp API

Berikut adalah penjelasan singkat untuk setiap fitur dalam WhatsApp API:

1. Multi agent dan multi device: Memungkinkan banyak agen untuk mengelola akun WhatsApp bisnis yang sama dari berbagai perangkat secara bersamaan.
2. Centang hijau: Menandakan akun bisnis resmi yang telah diverifikasi oleh WhatsApp, meningkatkan kepercayaan pelanggan.
3. Rotator: Mengarahkan pesan pelanggan secara otomatis ke agen yang tersedia atau sesuai dengan keahlian tertentu.
4. ChatBot: Menyediakan layanan otomatis untuk menjawab pertanyaan pelanggan secara instan dan efisien.
5. WhatsApp Blast: Mengirimkan pesan massal ke banyak kontak sekaligus untuk kampanye pemasaran atau pemberitahuan.
6. WhatsApp Integration:Menghubungkan WhatsApp dengan CRM atau sistem lainnya untuk sinkronisasi data dan otomatisasi proses.
7. Link WhatsApp:Membuat tautan langsung yang memudahkan pelanggan untuk menghubungi bisnis Anda melalui WhatsApp.
8. CSAT: Customer Satisfaction Score ditujukan untuk mengukur kepuasan pelanggan setelah interaksi melalui WhatsApp dengan survei cepat.
9. WhatsApp Business Search: Memungkinkan bisnis Anda ditemukan oleh pelanggan yang mencari produk atau layanan melalui fitur pencarian WhatsApp.

Baca juga: Cara Melihat Quality Rating Nomor WA Official Centang Hijau

Tutorial Cara Membuat WhatsApp Business API Resmi

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat WhatsApp API:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

Mockup Sistem Barantum

Langkah pertama untuk mendapatkan dan menggunakan aplikasi resmi adalah mendaftarkan bisnis Anda pada BSP WhatsApp Resmi, Barantum.

Namun, pastikan bahwa bisnis Anda bukan merupakan bisnis yang dilarang oleh Meta. Sekalipun bisnis Anda memiliki dokumen legal, namun apabila merupakan salah satu dari list berikut, Anda tidak bisa mendapatkan WhatsApp API.

List yang dilarang Meta:

  • Senjata api
  • Minuman beralkohol dan produk tembakau
  • Obat-obatan, termasuk yang memerlukan resep, narkotika, dan sejenisnya
  • Produk kesehatan dan perawatan medis
  • Spesies yang terancam punah (hewan dan tumbuhan)
  • Hewan hidup yang tidak terancam punah, kecuali hewan ternak
  • Barang dan bahan berbahaya
  • Mata uang nyata, virtual, atau palsu, termasuk ICO dan opsi biner
    Dan lainnya

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

verified-facebook-business-manager
verifikasi skun facebook business manager

Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan tepercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda.

Proses ini penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Implementasi dan Training Penggunaan Fitur WhatsApp API

Training Penggunaan Fitur WhatsApp API

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya, yaitu proses implementasi. Karena Anda telah memilih Barantum sebagai partner BSP WhatsApp Anda, Barantum akan membantu untuk proses implementasi yang dibutuhkan untuk bisnis Anda.

Training yang akan didapatkan seperti implementasi flow chatbot, office hour, multi-agent dan sebagainya. Barantum juga akan membantu Anda dengan memberikan training penggunaan untuk semua fitur yang disediakan.

4. Fitur WhatsApp Business API Sudah Siap Digunakan

Manajemen Chat Whatsapp API

Kini fitur WhatsApp API untuk bisnis Anda siap digunakan. Pastikan bahwa Anda dan karyawan telah mengerti cara penggunaannya yang tepat. Sehingga operasional bisnis pun semakin meningkat.

Baca juga: Barantum, Jasa & Penyedia WhatsApp API Terbaik di Indonesia

Apa Manfaat WhatsApp Business API Untuk Bisnis

WhatsApp Business API resmi memungkinkan Anda untuk mengotomatisasi pekerjaan tim dan mengurangi biaya operasional serta meningkatkan efisiensi bisnis. Sehingga Anda dapat lebih fokus pada strategi pertumbuhan dan pengembangan bisnis.

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah:

  1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan
  2. Menyediakan Layanan 24/7 Nonstop
  3. Mudah Diintegrasikan Dengan Sistem Lain
  4. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan
  5. Menghemat Biaya.

Perbedaan WhatsApp Bisnis dan Whatsapp API

perbedaan-fitur-whatsapp
perbedaan fitur WhatsApp bisnis dan WhatsApp api

Meski keduanya di khususkan untuk komunikasi dalam lingkup bisnis, namun antara WhatsApp Bisnis dan WhatsApp API memiliki fitur yang berbeda. Dengan begini Anda bisa menyesuaikan antara fitur yang disediakan dengan kebutuhan Anda.

WhatsApp bisnis biasa bisa didapatkan secara gratis dan daftar sendiri, sedangkan untuk WhatsApp API adalah fitur berbayar dan harus didapatkan melalui mitra resmi WhatsApp (BSP) yaitu Barantum.

new cta_waba_6

Siapa Yang Cocok Menggunakan WhatsApp Business API

WhatsApp Business API cocok digunakan oleh berbagai jenis bisnis yang ingin meningkatkan efisiensi komunikasi mereka dengan pelanggan. Berikut adalah beberapa kelompok yang paling cocok menggunakan WhatsApp Business API:

1. Perusahaan Skala Besar

Bisnis dengan volume komunikasi yang tinggi dan kebutuhan untuk mengelola ribuan pesan dari pelanggan secara efisien. API ini memungkinkan otomatisasi pesan, integrasi dengan CRM, dan dukungan pelanggan secara real-time.

2. E-commerce dan Toko Online

Platform e-commerce yang ingin memberikan dukungan pelanggan yang cepat dan personal melalui notifikasi pesanan, pembaruan pengiriman, dan penanganan pertanyaan atau keluhan secara otomatis.

3. Layanan Pelanggan

Tim layanan pelanggan (customer support) yang memerlukan solusi komunikasi multi-channel untuk menjawab pertanyaan, menangani masalah, dan memberikan dukungan teknis kepada pelanggan dengan lebih cepat.

Baca juga: 5 Perbedaan Customer Care dan Customer Service

4. Perusahaan dengan Operasional Multi-lokasi

Bisnis dengan banyak cabang atau lokasi yang ingin mengkonsolidasikan komunikasi pelanggan ke dalam satu platform terpadu.

5. Penyedia Layanan Keuangan

Bank, perusahaan asuransi, atau layanan keuangan lainnya yang membutuhkan cara aman dan efisien untuk berkomunikasi dengan pelanggan mengenai transaksi, pemberitahuan penting, dan layanan lainnya.

6. Perusahaan Penyedia Layanan Berlangganan

Bisnis yang menawarkan layanan berbasis langganan, seperti SaaS atau layanan berlangganan lainnya, yang memerlukan alat untuk mengelola komunikasi pembaruan, tagihan, dan pengingat secara otomatis.

7. Bisnis yang Fokus pada Pemasaran dan Penjualan

Tim pemasaran dan penjualan yang ingin menjangkau pelanggan dengan kampanye pemasaran yang lebih personal dan interaktif melalui WhatsApp, dengan fitur seperti pesan broadcast dan template pesan yang disetujui.

Baca juga: 20 Rekomendasi Software Aplikasi CRM Terbaik Indonesia

Barantum, Penyedia WhatsApp Business API Resmi Indonesia

Mockup Sistem Barantum

Barantum adalah mitra resmi WhatsApp di Indonesia (BSP) yang dapat membantu akun WhatsApp Bisnis Anda mendapatkan centang hijau. Dengan total 5000+ pengguna aktif, Barantum telah berhasil membantu meningkatkan produktivitas perusahaan hingga 90%.

Hubungi tim Barantum sekarang dan bagaimana WhatsApp Business API resmi dari Barantum dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan, sekaligus meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis Anda.

new cta_waba_3

Tertarik dengan Barantum?

all product
Barantum adalah penyedia solusi aplikasi CRM, Omnihannel Chat, Call Center Software dan WhatsApp Business API terbaik di Indonesia. Segera konsultasi kebutuhan bisnis Anda dengan tim profesional kami.
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di blog Barantum. 👋

Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".