Pernah melihat pesan WA yang Anda terima memiliki format tulisan yang berbeda dan menonjol untuk kata/kalimat tertentu? Ternyata cara membuat tulisan miring di wa dan tulisan lain tersebut cukup sederhana.

Ada dua cara untuk bisa mendapatkan tulisan-tulisan tersebut, yaitu dengan kode dan tanpa kode. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara dan tutorialnya!

Mengubah Tulisan WhatsApp Tanpa Kode

Mengubah tulisan di WA tanpa kode bisa diakses melalui menu khusus. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka ruang chat di aplikasi WhatsApp.
  2. Ketikan tulisan yang ingin dibuat pada kolom chat.
  3. Blok bagian kata/kalimat (sentuh dan tahan) yang ingin ubah tulisannya menjadi miring/tebal/garis bawah
  4. Klik ikon titik tiga pada menu pop-up yang muncul lalu gulir kebawah untuk memilih jenis tulisan yang diinginkan “italic/bold/underline/etc”.
  5. Format tulisan akan berubah sesuai opsi yang Anda pilih.

Mengubah Tulisan WhatsApp Dengan Kode

Selain dengan cara memilih opsi menu, Anda juga bisa mengubah format tulisan dengan menggunakn kode atau simbol khusus, caranya sebagai berikut:

1. Cara Membuat Tulisan WhatsApp Miring

Pertama, hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat tulisan miring di WA, yaitu menambahkan tanda underscore atau garis bawah “_” di awal dan di akhir tulisan yang ingin Anda cetak miring.

tulisan miring whatsapp

Contoh:

_Terima kasih telah melakukan pendaftaran WhatsApp Business API & Centang Hijau di Mitra Resmi WhatsApp Barantum._

2. Cara Membuat Tulisan WhatsApp Tebal

Selanjutnya, cara membuat tulisan tebal di WA pun tidak sulit. Sama seperti membuat tulisan miring, untuk membuat tulisan tebal juga diperlukan menambah karakter khusus di awal dan akhir kata. Namun, karakter yang diperlukan untuk membuat tulisan tebal, yaitu tanda bintang “*”.

tulisan tebal whatsapp

Contoh:

*Terima kasih telah melakukan pendaftaran WhatsApp Business API & Centang Hijau di Mitra Resmi WhatsApp Barantum.*

3. Cara Membuat Tulisan WhatsApp Coret

Untuk membuat tulisan coret di WA, Anda perlu menambahkan tanda gelombang atau tidle “~” di awal dan akhir tulisan yang diinkan. Misal, Anda ingin mencoret kata “20 juta” pada kalimat berikut:

tulisan coret whatsapp

Contoh:

Spesial untuk Anda, dapatkan CRM dan WhatsApp Business API, dengan biaya implementasi ~20 juta~ GRATIS!

4. Cara Membuat Tulisan WhatsApp Terbalik

Untuk membuat tulisan terbalik di WhatsApp, harus menggunakan tools ketiga/melalui website.

Jika melalui aplikasi, Anda bisa menggunakan aplikasi Upside down, atau Anda bisa mengakses juga melalui website mereka di https://www.upsidedowntext.com/.

5. Cara Membuat Tulisan WhatsApp Mono Space

Bonus! Ternyata tidak hanya bisa membuat tulisan miring, tebal, dan coret, Anda pun bisa membuat tulisan mono space. Caranya hanya dengan meletakkan tiga tanda backtick di awal dan akhir tulisan yang diinginkan.

tulisan monospace whatsapp

Contoh:

“`Terima kasih telah melakukan pendaftaran WhatsApp Business API & Centang Hijau di Mitra Resmi WhatsApp Barantum.“`

Demikianlah cara untuk mengubah format atau font tulisan di WhatsApp. Selain variasi tulisan di WA untuk membuat tulisan lebih menarik dan menonjolkan kata yang ingin ditonjolkan atau dipertegas, Anda juga bisa mempersonalisasi pesan.

Personalisasi pesan ini seperti menyebut nama kontak pelanggan Anda secara otomatis. Sehingga sangat membantu bisnis untuk membuat hubungan dengan pelanggan lebih terasa dekat. Untuk fitur tersebut bisa Anda dapatkan dengan menggunakan WhatsApp Business API dari Barantum.