Fitur WhatsApp Business API masih menjadi yang banyak digunakan bisnis. Berdasarkan data Most Popular Messaging Apps Worldwide 2023, WhatsApp menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi komunikasi paling populer di dunia.

Ini karena fitur ini memang cukup mudah untuk didapatkan dan digunakan.

Baca juga: Meta Verified: Perbedaannya Dengan Centang Hijau WA by BSP

Apa itu WhatsApp Business API?

Pengertian WhatsApp Business API atau WhatsApp Business Official Centang Hijau atau WA API Offical adalah fitur dari WhatsApp yang digunakan bisnis untuk mempermudah perusahaan dalam berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif dan efisien.

WhatsApp API menggunakan API atau Application Programming Interface yang merupakan rangkaian kode yang dapatkan dimanfaatkan untuk dikembangkan menjadi aplikasi, sistem atau fitur lain yang terintegrasi dengan WhatsApp.

WhatsApp Business API adalah versi WhatsApp yang dirancang khusus untuk bisnis dan perusahaan besar yang memerlukan pengelolaan pesan secara masif.

Berbeda dengan aplikasi WhatsApp Business biasa, API ini memungkinkan integrasi dengan sistem backend bisnis untuk otomatisasi pesan, manajemen pelanggan, dan penggunaan multi-user.

Dengan API ini, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi komunikasi dengan pelanggan melalui pesan yang dapat dikustomisasi dan diotomatisasi.

Baca juga: Mengenal WhatsApp API Official Centang Hijau Untuk Bisnis

Kelebihan WhatsApp Business API dengan WhatsApp Business Biasa

Walau sama-sama ditujukan untuk keperluan bisnis namun WhatsApp Business dan WhatsApp API ada beberapa fitur yang ditawarkan berbeda. Tentunya, WA Bisnis API memiliki banyak keunggulan, sebagai berikut:

perbedaan-fitur-whatsapp
perbedaan fitur WhatsApp bisnis dan WhatsApp api

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Bisnis Anda Memerlukan WhatsApp (WA) Business

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business API Resmi?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa Anda bisa mendapatkan fitur WhatsApp Business API melalui mitra resmi BSP.

Cara untuk mendapatkan WhatsApp Business API melalui BSP juga cukup mudah dan cepat, yaitu:

1. Daftarkan bisnis ke BSP WhatsApp di Indonesia, Barantum
2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager
3. Pengenalan dan Pelatihan Fitur WhatsApp Business API oleh Barantum
4. WhatsApp Business API Siap Digunakan

new cta_waba_2

Apa Saja Syarat dan Ketentuan Dalam Mengajukan WhatsApp Business API di Indonesia?

Tidak semua bisnis dapat mengajukan WA Bisnis API, sekalipun secara dokumen dimiliki bisnis tersebut lengkap. Jika Anda berencana akan  mendaftarkan bisnis Anda menjadi WhatsApp Business API pastikan memenuhi syarat dan ketentuan dari meta.

1.Bukan Bidang Usaha yang Dilarang

Dilasir dari (WhatsApp.com/legal/business-terms) Berikut adalah beberapa bidang usaha yang dilarang dan tidak dapat mendaftar WA Bisnis API:

  • Minuman keras, alkohol, dan rokok
  • Mata uang konvensional, digital, atau tiruan, termasuk ICO dan binary options
  • Produk obat, baik yang memerlukan resep, narkotika, atau lainnya
  • Senjata api/peluru/sejenisnya
  • Produk atau material dan zat berbahaya
  • Satwa hidup yang tidak dilindungi kecuali hewan peliharaan
  • Spesies yang terancam (satwa dan flora)
  • Produk kesehatan dan medis kedokteran

2. Lisensi Resmi dan Dokumen Legal

Ketentuan dari WhatsApp Business API bahwa bisnis atau perusahaan yang telah terdaftar dapat dibuktikan dari kepemilikan dokumen legal yang diakui negara seperti SIUP, TDP, NIB, NPW dan lain-lain.

Baca juga: Cara Membuat NIB (Nomor Induk Berusaha) dan Syaratnya

3. Akun ID Facebook Business Manager

Setiap bisnis yang mengajukan WhatsApp Business API harus memiliki akun Facebook Business Manager yang terverifikasi. Akun ini akan digunakan untuk mengelola API dan profil bisnis di platform Meta.

Baca juga: Begini Cara Mudah Verifikasi Facebook Business Manager

4. Domain WhatsApp Business API dan Profil Bisnis Harus Sama

Domain yang digunakan untuk WhatsApp Business API harus sesuai dengan profil bisnis yang didaftarkan. Ini berarti nama dan informasi bisnis di WhatsApp Business API harus konsisten dengan data yang terdaftar di platform Meta.

5. Mematuhi Ketentuan Meta

Bisnis yang mengajukan WhatsApp Business API harus mematuhi semua ketentuan dan kebijakan yang ditetapkan oleh Meta (sebelumnya dikenal sebagai Facebook), termasuk kebijakan privasi dan penggunaan data.

Apa WhatsApp Business API Gratis?

Layanan WhatsApp Business API adalah fitur berbayar yang ditujukan untuk perusahaan menengah hingga besar. Namun, jika bisnis Anda adalah bisnis yang baru dirintis dan ingin meningkatkan interaksi pelanggan, Anda dapat menggunakan WhatsApp Business biasa secara gratis.

Saat ini harga WhatsApp Business API terbaru  dari Barantum sebagai BSP Resmi WhatsApp API bisa didapatkan mulai dari IDR 897.000/bulan.

Walaupun WhatsApp Business Official Centang Hijau tidak gratis, namun ada vendor yang menyediakan trial gratis WhatsApp Business API selama 7 hari sebelum Anda membeli yang full paket.

Baca juga: WhatsApp API Gratis: Kelebihan dan Kekurangannya

new cta_waba_3

Barantum, Solusi WhatsApp Business API Terbaik di Indonesia

Mockup Sistem Barantum

Dapatkan kemudahan dan tingkatkan performa bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dengan fitur WhatsApp Business API dari Barantum sebagai Official WhatsApp Partner dan BSP Terbaik di Indonesia.

Barantum akan membantu Anda mendapatkan fitur WhatsApp Business API dengan layanan yang profesional. Hubungi tim Barantum sekarang untuk membantu kemajuan bisnis Anda!

Tertarik dengan Barantum?

all product
Barantum adalah penyedia solusi aplikasi CRM, Omnihannel Chat, Call Center Software dan WhatsApp Business API terbaik di Indonesia. Segera konsultasi kebutuhan bisnis Anda dengan tim profesional kami.
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di blog Barantum. 👋

Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".