Di Indonesia, kebutuhan akan penyedia WhatsApp Business Solution semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan bisnis dan pergeseran ke arah digitalisasi.

Perusahaan-perusahaan mencari solusi yang dapat membantu mereka memanfaatkan potensi WhatsApp secara penuh, mulai dari layanan pelanggan yang lebih responsif hingga peluang pemasaran yang lebih luas.

Ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa sebagai penyedia WhatsApp Business Solution. Berikut adalah 5 penyedia terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan pada bisnis Anda.

Apa Itu WhatsApp Solutions?

WhatsApp Solutions atau juga dikenal dengan BSP WhatsApp merupakan penyedia layanan pihak ketiga yang ahli dalam platform WhatsApp Business. Mereka memberikan dukungan dan mempermudah perusahaan dalam menjalin komunikasi yang lebih efektif dan efisien dengan pelanggan melalui WhatsApp.

Dengan bekerja sama dengan WhatsApp Solutions, bisnis Anda bisa menghubungkan aplikasi WhatsApp dengan sistem operasional perusahaan, sehingga meningkatkan kualitas komunikasi dengan pelanggan secara lebih efisien.

Selain itu, WhatsApp Solutions juga menawarkan fitur-fitur tambahan seperti integrasi API, analisis data, serta fitur keamanan untuk memastikan pengelolaan pesan dan data pelanggan berjalan dengan aman dan teratur.

Dalam meningkatkan interaksi bisnis dengan pelanggan, WhatsApp Solutions atau BSP WhatsApp juga memungkinkan penggunaan fitur WhatsApp Business seperti Multi Agent, Round Robin, Quick Reply, dan Chatbot, yang meningkatkan efisiensi komunikasi dengan pelanggan.

BSP berperan sebagai jembatan antara bisnis dan aplikasi WhatsApp, memudahkan perusahaan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan, serta memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Dengan demikian, BSP menjadi solusi penting bagi bisnis yang ingin meningkatkan kualitas dan efisiensi komunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp.

new cta_waba_27

Apa Manfaat Menggunakan WhatsApp Solutions untuk Bisnis?

Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan layanan WhatsApp Business Solution:

1. Akun WhatsApp Business Centang Biru (Verified)

Manfaat pertama dari WhatsApp Solution resmi, yaitu akun bisnis Anda bisa diajukan untuk mendapatkan centang biru official WhatsApp. Untuk mengajukan centang biru official WhatsApp, bisnis Anda perlu memenuhi syarat dan ketentuan pengajuan yang bisa Anda baca dalam artikel ini.

Dengan centang biru official WhatsApp ini, akun bisnis Anda lebih terlihat profesional dan menambah kepercayaan pelanggan hingga 100%!

2. Fitur Yang Canggih

Pada WhatsApp Business biasa, fitur yang didapatkan sangat terbatas dibandingkan dengan fitur di WhatsApp Solution.

Fitur seperti profil bisnis, centang verified, template pesan, broadcast/blast pesan yang tidak terbatas, tidak ada batas jumlah agen, manajemen riwayat pelanggan, hingga integrasi ke sistem CRM yang tidak bisa Anda dapatkan pada fitur WhatsApp Business biasa, melainkan hanya bisa didapatkan di WhatsApp Solution.

3. Mengurangi Risiko Terkena Blokir

Manfaat lainnya dari WhatsApp Solution resmi adalah mengurangi risiko terkena blokir. Selama Anda tidak melakukan pelanggaran dalam menggunakan WhatsApp, seperti spam, ujaran kebencian, ataupun memuat konten negatif, akun bisnis Anda akan aman dari blokir. Berbeda jika Anda bekerja sama dengan BSP tidak resmi, pemblokiran akun bisnis Anda rentan sekali terjadi.

4. Keamanan Data Terjamin

Manfaat berikutnya dari WhatsApp Solution resmi ialah menjaga keamanan data bisnis Anda. Tiap pesan yang Anda kirimkan baik dari pelanggan maupun bisnis tidak dapat dibaca oleh pihak lainnya, termasuk WhatsApp. Selain itu, akun bisnis Anda pun aman dari peretasan atau pencurian data.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Meta Verified WhatsApp Business

Bagaimana Cara Memilih WhatsApp Solutions yang Tepat?

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih penyedia WhatsApp Solutions yang tepat:

  1. Pastikan memilih Business Solution Provider (BSP) WhatsApp yang resmi dan terpercaya untuk memastikan keamanan data bisnis Anda dan mematuhi aturan dan kebijakan WhatsApp
  2. Pertimbangkan partner BSP sebagai partner jangka panjang, sehingga penting untuk memilih yang memiliki layanan baik, responsif terhadap masalah, dan terus berinovasi dalam menyediakan solusi.
  3. Cek fitur WhatsApp API yang ditawarkan BSP dan sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Baca juga: Beragam Fitur CRM yang Terintegrasi dengan WhatsApp Business API

Rekomendasi WhatsApp Business Solutions Terbaik

Berikut rekomendasi WhatsApp Solution terbaik yang dapat menjadi pilihan Anda:

1. Barantum

Logo Barantum CRM

Sebagai penyedia WhatsApp Business API terpercaya di Indonesia, Barantum menjadi WhatsApp Solution yang paling direkomendasikan karena layanan bantuan yang responsif dan juga didukung dengan fitur integrasi crm dan call center.

Solusi ini memungkinkan bisnis untuk mengelola interaksi pelanggan dengan lebih efisien, memastikan pengalaman komunikasi yang lancar sekaligus meningkatkan kinerja operasional.

Fitur yang ditawarkan Barantum:

  • Account WhatsApp Business Verified
  • Omnichannel (15+ channel all social media + marketplace)
  • CRM Integrations
  • Broadcast / WhatsApp Blast
  • Chatbot & Autoresponder
  • Multi Admin & Round Robin System
  • Template Personalization
  • Ticketing System
  • SLA & CSAT
  • Block Spam Number
  • Analytics Report

new cta_waba_26

2. 360dialog

360dialog logo

360dialog adalah penyedia solusi teknologi yang berfokus pada layanan WhatsApp Business API, memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara efisien melalui WhatsApp.

Fitur yang mereka tawarkan diantaranya adalah otomatisasi pesan, chatbot, dan laporan analitik.

3. CBOT

CBOT logo

Produk CBOT, CBOT Platform, menawarkan solusi “end-to-end” berbasis AI yang memungkinkan perusahaan mengembangkan dan meningkatkan skala penggunaan chatbots cerdas dan asisten suara dengan sistem yang dapat terhubung ke WhatsApp, Facebook Messenger dan saluran dan platform lain.

4. AiSensy

AiSensy logo

AiSensy adalah BSP resmi WhatsApp yang membantu bisnis dalam hal mengirimkan pesan ke banyak pelanggan, mengotomatiskan pemberitahuan, dan permudah layanan pelanggan.

Selain itu, AiSensy membantu penyedia layanan, agensi media, pengecer, dan teknologi dengan solusi berbasis WhatsApp Business API dengan WhatsApp Cloud API.

5. Clickatell

Clickatell logo

WhatsApp Business API dari Clickatell memungkinkan Anda untuk memberikan interaksi percakapan di platform perpesanan terbesar di dunia.

Tarif pesan yang kompetitif dan fokus terhadap pelanggan memungkinkan Anda untuk memaksimalkan nilai dan meningkatkan hubungan pelanggan.

Clicktell percaya bahwa berkomunikasi dengan bisnis harus semudah mengobrol dengan keluarga dan teman menggunakan perangkat seluler dan aplikasi yang sudah mereka gunakan setiap hari.

Baca juga: Daftar Biaya dan Harga WhatsApp Business API Terbaru

Barantum, WhatsApp Solutions Terbaik Untuk Bisnis Anda

Aplikasi CRM Barantum

Mengamankan data bisnis adalah prioritas utama, dan bekerja sama dengan penyedia resmi WhatsApp Solution seperti Barantum memastikan keamanan tingkat tinggi bagi bisnis Anda.

Dengan fitur enkripsi end-to-end dari WhatsApp, hanya Anda dan pelanggan yang dapat melihat atau mendengar pesan yang dikirimkan, menjamin privasi dalam setiap komunikasi.

Selain itu, Barantum menawarkan berbagai fitur tambahan yang tidak tersedia di WhatsApp Business standard, yang memudahkan tim Anda dalam mengelola promosi, menjawab pertanyaan pelanggan, dan melakukan tindak lanjut secara efisien.

Tingkatkan layanan pelanggan dan optimalkan penjualan Anda dengan solusi WhatsApp dari Barantum. Hubungi tim Barantum untuk konsultasi kebutuhan secara gratis.
Mulai pakai Barantum sekarang!

Tertarik dengan Barantum?

all product
Barantum adalah penyedia solusi aplikasi CRM, Omnihannel Chat, Call Center Software dan WhatsApp Business API terbaik di Indonesia. Segera konsultasi kebutuhan bisnis Anda dengan tim profesional kami.